UTS "Manajemen Strategi"
Nama
: Annisa Rahmawati
NIM
: 01209090
1) Apa
yang saudara ketahui tentang visi,misi dan tujuan dan bagaimana peranannya
dalam keberhasilan suatu strategi dalam
proses manajemen strategi, jelaskan dan beri contoh ?
Jawab :
Manajemen strategis adalah proses merumuskan
dan mengimplementasikan strategi untuk mewujudkan visi secara terus menerus
secara terstruktur. Strategi adalah pola tindakan terpilih untuk mencapai
tujuan tertentu. Manajemen strategis tetap diperlukan karena perusahaan
dituntut untuk berkembang secara terencana dan terukur, sehingga memerlukan
peta perjalanan menghadapi masa depan yang tidak pasti, memerlukan
langkah-langkah strategis, dan perlu
mengarahkan kemampuan dan komitmen SDM untuk mewujudkan tujuan
perusahaan. Tanpa visi dan misi, sebuah organisasi bagaikan
berjalan tanpa tujuan yang jelas. Tanpa visi dan misi yang kuat akan
menyebabkan organisasi tersebut berada dalam keadaan yang tidak terkontrol dan
tidak terarah.
Contoh:
Membuat, mendistribusikan, dan menjual eskrim
alami dengan kualitas terbaik dan produk-produk yang berhubungan dengan variasi
luas dari rasa yang inovatif yang dibuat dari produk susu Vermont. Untuk
mengoperasikan perusahaan dengan basis finansial yang baik untuk pertumbuhan
laba, meningkatkan nilai pemegang saham kami, serta menciptakan peluang karier
dan penghargaan finansial bagi karyawan kami. Untuk mengoperasikan perusahaan
yang secara aktif mengakui peran penting yang dimainkan perusahaan dalam
struktur masyarakat dengan melakukan cara inovatif untuk memperbaiki kualitas
hidup dari komunitas yang luas-lokal, nasional, dan internasional
2) Jelaskan
bagaimana sebuah tujuan perusahaan itu harus disusun agar dapat efektif dan
efisien dan beri contoh?
Jawab :
Perusahaan mempunyai tujuan
utama yaitu untuk menghasilkan laba, agar kelangsungan hidup perusahaan dapat
dipertahankan. Dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, dewasa ini
mengalami persaingan yang semakin ketat, baik bagi perusahaan industri maupun
perusahaan jasa. Untuk memenangkan persaingan yng semakin pesat, perusahaan
dituntut agar seefektif dan seefisien mungkin mengelola dan mempergunakan
sumber daya yang ada pada perusahaan. Dengan tingkat pertumbuhan dan
perkembangan perusahaan, maka kegiatan dalam perusahaan akan bertambah baik,
baik jenis kegiatan maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Agar kegiatan
dalam perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi perusahaan harus
membuat perencanaan kerja, perencanaan biaya dan berbagai teknik lain yang
lebih mantap dan lebih rasional.
3) Jelaskan
strategi generik M.Porter yang diterapkan oleh suatu perusahaan dan bagaimana
daya saingnya terhadap para pesaing terdekarnya ! dan beri contoh kasus di
perusahaan
Jawab :
Dalam analisanya tentang
strategi bersaing (competitive strategy atau disebut juga Porter’s
Five Forces) suatu perusahaan, Michael A. Porter mengintrodusir 3 jenis
strategi generik, yaitu: Keunggulan Biaya (Cost Leadership), Pembedaan
Produk (Differentiation), dan Focus.
Sebagai contoh dalam dunia
perbankan, Bank-bank yang unggul dalam jangka panjang adalah bank yang
menekankan pada cost leadership. Artinya layanannya murah, bunga pinjamannya murah.
Bank-bank murah itu ternyata jauh lebih unggul dibanding bank yang memakai
strategi gado-gado atau istilahnya stuck-in-the-middle. Namun bank yang stuck-in-the-middle
(strategi berupa mengikuti strategi para pesaingnya saja) ini ternyata masih
lebih unggul dibanding bank yang memilih salah satu strategi apakah
diferensiasi atau focus.Hal memberi informasi, pada industri perbankan ternyata
sangat sulit mengajak nasabah untuk membayar lebih agar mendapat pelayanan yang
lebih bervariasi, yang lebih tinggi. Mereka inginnya mendapat bunga yang rendah
ketika akan pinjam uang. Bahkan kenyamanan yang ditingkatkan, satpam yang
ramah, pegawai yang cantik-cantik ternyata tidak mampu mendongkrak kinerja
keuangan dalam jangka panjang
4) Saat
ini Anda merupakan konsumen dari Universitas Narotama, tindakan apa yang telah
diambil oleh Univ.Narotama untuk mengerti apa kebutuhan dan keinginan saudara,
strategi tingkat bisinis ( M.Porter) apa
yang harusnya diterapkan, dan kompetensi inti apa yang digunakan untuk
menerapkan strategi tersebut ?
Jawab :
•Melakukan
analisis situasi, evaluasi diri dan analisis pesaing: baik internal
maupuneksternal; baik lingkungan mikro maupun makro.
•Bersamaan dengan penaksiran tersebut, tujuan
dirumuskan. Tujuan ini harus bersifat paralel dalam rentang jangka pendek dan
juga jangka panjang.
5) Susunlah
manajemen strategik di perusahan Anda atau beri contoh kasus penyusunan
strategi yang Anda ketahui :
1. Visi.
2. Misi.
3. Tujuan
4. SWOT
Analisis :
a. IFAS
b. EFAS
5. Diagram SWOT dan Matrik
SWOT
Jawab :
Visi
Menjadi
perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni, terutama yang menunjang industri dan kelautan yang
berwawasan lingkungan.
Misi
Memberikan
kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk
kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian,
pengabdian kepada masyarakat, dan pengelolaan sistem berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK).
1. Pendidikan
◦Menyelenggarakan
pendidikan tinggi dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran berkualitas
internasional
◦Menghasilkan lulusan yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral dan budi pekerti yang
luhur
◦Membekali lulusannya dengan pengetahuan
technopreneurship
2.Penelitian
◦Berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni terutama di bidang kelautan, permukiman dan
energi yang berwawasan lingkungan melalui kegiatan penelitian yang berkualitas
internasional.
3.Pengabdian Kepada Masyarakat
◦Memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki
untuk ikut serta dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh
masyarakat (termasuk industri dan pemerintah).
4. Manajemen
◦Pengelolaan institusi dilakukan dengan
memperhatikan prinsip-prinsip Tata Pamong yang Baik (Transparansi,
Akuntabilitas, Bertanggung jawab, Mandiri, dan Berkeadilan).
◦Menciptakan suasana yang kondusif dan
memberikan dukungan sepenuhnya kepada mahasiswa, dosen, pegawai untuk dapat
mengembangkan diri dan memberikan kontribusi maksimal pada masyarakat,
industri, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
◦Mengembangkan jejaring untuk dapat bersinergi
dengan perguruan tinggi, industri, masyarakat, dan pemerintah dalam
menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat.
Tata Nilai
1.Etika
dan Integritas (Ethics and Integrity): dalam kehidupan bermasyarakat,
bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada
norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama.
2.Kreativitas dan inovasi (Creativity and
Innovation): selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam
menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik.
3.Ekselensi (Excellence): berusaha secara
maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna.
4.Kepemimpinan yang kuat (Leadership):
menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani
melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab.
5.Sinergi (Synergy): bekerja sama untuk dapat
memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.
6.Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial
(Socio-cohesiveness and Social Responsibility): menjaga kerukunan dan peduli
terhadap masyarakat sekitar.
MANA TUJUANNYA
BalasHapuscontoh No. 2 mana?
BalasHapusNomor 2 kok ga nyambung ya kak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusno 5 gmn ya mksdnya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus