Selasa, 24 April 2012

UTS "manajemen karir"


1.       Jelaskan ruang lingkup manajemen karier?

Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir.
Manajemen karir melibatkan semua pihak termasuk pegawai yang bersangkutan dengan unit tempat si pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu manajemen karir mencakup area kegiatan yang sangat luas.

2.       Jelaskan perbedaan karir di perusahaan / tingkat organisasi dan perencanaan karir individual?

Bertanggung jawab atas karirnya sendiri
Menilai minat, keterampilan dan nilai sendiri
Mencari informasi-informasi karir dan sumber daya-sumber daya
Menetapkan sasaran dan rencana karir
Memanfaatkan peluang pengembangan
Diskusikan dengan manajer tentang karir
Mengikuti rencana karir yang realistik


3.       Jelaskan faktor yang mempengaruhi pengembangan karier?

Beberapa hal atau faktor yang seringkali amat berpengaruh terhadap pengembangan Karir adalah :
1. Hubungan pegawai dan organisasi,
2. Personalitas pegawai,
3. Faktor-faktor eksternal
4. Politicking dalam organisasi,
5. Sistem penghargaan,
6. Jumlah pegawai,
7. Ukuran organisasi,
8. Kultur organisasi,
9. Tipe manajemen.


4.       Bedakan istilan jalur karir, manajemen karir dan konseling karir?

Jalur Karir : pola urutan pekerjaan (Pattern of Work Sequence) yang harus dilalui pegawai untuk mencapai suatu tujuan karir. Tersirat di sini, jalur karir selalu bersifat formal, dan ditentukan oleh organisasi (bukan oleh pegawai).
Jalur karir selalu bersifat ideal dan normatif. Artinya dengan asumsi setiap pegawai mempunyai kesempatan yang sama dengan pegawai lain, maka setiap pegawai mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai tujuan karir tertentu. Meskipun demikian, kenyataan sehari-hari tidak selalu ideal seperti ini. Ada pegawai yang bagus karirnya, ada pula pegawai yang mempunyai karir buruk meskipun prestasi kerja yang ditunjukkannya bagus.
Manajemen karir : Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir.
Konseling karir : Konseling karir adalah proses mengidentifikasi masalah-masalah yang berhubungan dengan karir seorang pegawai serta mencari alternatif jalan keluar dari berbagai masalah tersebut.

5.       Sebutkan peran organisasi dalam pengembangan karir?

-          Mengkomunikasikan misi, kebijaksanaan dan prosedur
-          Memberikan peluang pelatihan dan pengembangan
-          Memberikan informasi dan program karir
-          Menawarkan varietas pilihan-pilihan karir

6.       Jelaskan 5 syarat perencanaan karir pegawai?

Lima syarat yang harus dipenuhi agar proses perencanaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Lima syarat tersebut yaitu :

1. Dialog
2. Bimbingan
3. Keterlibatan Individual
4. Umpan Balik
5. Mekanisme Perencanaan Karir

7.       Manfaat apa yg anda dapatkan mengikuti mata kuliah ini? Dan materi apa lagi yg anda dapatkan dalam mata kuliah Manajemen Kairir ini?

• Bertanggung jawab atas karir saya sendiri
• Menilai minat, keterampilan dan nilai sendiri
• Mencari informasi-informasi karir dan sumber daya-sumber daya
• Menetapkan sasaran dan rencana karir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar